
Materi tentang virus merupakan salah satu topik penting dalam pembelajaran biologi di kelas X SMA. Di tengah kemajuan ilmu pengetahuan dan perkembangan isu kesehatan global, pemahaman mengenai virus tidak lagi cukup hanya sebatas struktur dan daur hidupnya, tetapi juga harus mencakup peran virus dalam kehidupan, baik sebagai agen penyakit maupun sebagai komponen penting dalam riset bioteknologi. Untuk itu, diperlukan modul ajar yang mampu menjembatani konsep-konsep ilmiah tersebut dengan pendekatan pembelajaran yang relevan dan menarik bagi siswa.
Contoh modul ajar ini disusun dengan merujuk pada capaian pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka, yang menekankan pada pengembangan kompetensi siswa secara utuh — mencakup pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Modul ini dirancang tidak hanya sebagai panduan bagi guru, tetapi juga sebagai media belajar yang memfasilitasi eksplorasi, diskusi, dan refleksi siswa terhadap fenomena nyata yang berkaitan dengan virus.
Di dalamnya, terdapat uraian materi tentang struktur dasar virus, replikasi virus dalam sel inang, dan jenis-jenis virus yang menyerang makhluk hidup, termasuk virus yang menyerang manusia seperti HIV, influenza, hingga SARS-CoV-2. Namun lebih dari itu, modul ini juga mengajak siswa memahami sisi lain dari virus, seperti perannya dalam terapi gen, produksi vaksin, serta sebagai alat dalam rekayasa genetika.
Salah satu kegiatan belajar dalam modul ini melibatkan analisis berita atau artikel ilmiah populer mengenai wabah penyakit virus. Melalui aktivitas ini, siswa dilatih untuk mengkaji informasi dari berbagai sumber, membandingkan data, dan menyampaikan pendapat secara ilmiah. Pembelajaran tidak hanya terjadi di kelas, tetapi juga mengarah pada pemahaman kontekstual yang erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari.
Modul ini dilengkapi dengan lembar kerja peserta didik (LKPD) yang dirancang untuk merangsang kemampuan berpikir kritis dan reflektif. LKPD mendorong siswa untuk membuat peta konsep, menyusun diagram alur daur hidup virus, dan menjawab pertanyaan berbasis kasus. Penggunaan pendekatan berbasis masalah (problem-based learning) menjadi strategi utama dalam kegiatan pembelajaran, memberikan ruang bagi siswa untuk mengembangkan keterampilan memecahkan masalah.
Penilaian dalam modul ini dilakukan secara berkelanjutan melalui asesmen diagnostik, formatif, dan sumatif. Guru dapat menggunakan rubrik yang disediakan untuk menilai partisipasi diskusi, kualitas jawaban analitis, serta produk tugas proyek yang dikembangkan siswa. Pendekatan ini membantu guru memperoleh gambaran utuh mengenai capaian belajar siswa dari berbagai aspek.
Sesuai prinsip fleksibilitas Kurikulum Merdeka, contoh modul ini dapat digunakan langsung atau disesuaikan dengan konteks sekolah dan karakteristik peserta didik. Guru juga dapat memodifikasi alur kegiatan atau menambahkan sumber belajar digital yang mendukung pembelajaran daring maupun luring.
Dengan menyediakan modul ajar ini, harapannya para guru biologi dapat memperoleh referensi konkret dalam mengembangkan pembelajaran yang adaptif dan bermakna. Modul ini bukan hanya berisi materi, tetapi juga strategi pembelajaran yang memberdayakan siswa untuk berpikir, bertanya, dan terlibat aktif dalam proses belajar.
Berikut adalah contoh modul ajar biologi kelas X materi virus dan perannya.
Silakan unduh modul ajar Virus dan Perannya melalui tautan yang tersedia dan manfaatkan sebagai bagian dari penguatan praktik pembelajaran biologi yang lebih kontekstual, kolaboratif, dan transformatif di kelas.